Senin, 25 Juni 2012

Overview LKMM TD


Apa itu LKMM TD?
LKMM TD merupakan singkatan dari Latihan Keterampilan Mahasiswa-Tingkat Dasar. Dimana pelatihan ini merupakan lanjutan dari LKMM-Pra TD. Hal yangmembedakan antara LKMM-Pra TD dengan LKMM TD adalah Penyelenggara danmaterinya. Jika LKMM Pra TD merupakan proker dari fakultas sedangkan LKMM TDadalah proker dari jurusan masing-masing. LKMM TD ini ditujukan untuk mahasiswaaktif ITS 2010-2011. Dalam pelatihan ini dilakasanakan selama tiga hari. Banyak materi-materi yang akan disampaikan oleh pemandu. Berikut adalah beberapa materiyang akan dibahas dalam pelatihan LKMM TD:1.
 
ANALISIS TEMAMateri pertama mengenai bagaimana cara untuk menganalisis suatu tema diadakannyasuatu kegiatan. Disini ada beberapa indikasi yang sangat penting untuk diperhatikanagar menganilis suatu tema itu benar. Berikut hal yang termasuk adalah
PROGRESSIVE (Produktif, Loyal, Integrated, Prestatif, Sinergis, Visioner).
Dimana akan dijabarkan secara rinci mengenai pengertian masing-masing
Produktif 
:mampu menghasilkan, menguntungkan, membentuk unsur baru,Loyal: patuh, setia
,Integrated
: mutu/ keadaan yang menunjukkan kesatuan utuh sehingga memancarkankewibawaan dan kejujuran,
Prestatif 
: hasil yang telah dicapai, dilakukan, dikerjakan;berdampak positif; bersifat prestasi,
Sinergis
merupakan
 
kegiatan atau operasigabungan, sementara
Visioner
: khayalan atau wawasan ke depan.2.
 
WAWASAN KEKINIAN HMSMateri kedua ini adalah berani untuk mengkritisi hal-hal yang abnormal menjadisesuatu yang normal sesuai dengan lingkungan.3.
 
ANTUSIASMEMateri ini adalah bagaimana cara agar tertarik terhadap sesuatu hal dan mengubah daribiasa menjadi luar biasa.4.
 
AKLMateri keempat ini adalah AKL. AKL itu sendiri merupakan kepanjangan dari AnalisiKondisi Lingkungan. Analisis Kondisi Lingkungan berupa Mengamati, menilai,merumuskan keadaan di lingkungan sekitar. Tujuannya adalah untuk Mengetahuikondisi lingkungan sekitar dan Mengetahui potensi baik dan buruknya. Dalammenjalankan suatu kegiatan tentunya ada faktor-faktor penghambat maupunpendukungnya.5.TUKTUK merupakan kepanjangan dari Tolak Ukur Keberhasilan. Adapun fungsi dari TUKadalah sebagai patokan terukur untuk menilai kegiatan itu sukses tidaknya, dan jugauntuk menjadikan sasaran minimal yang ditentukan. Syarat TUK adalah parameternyaharus jelas, Hindari kata-kata relative, dan Usahakan TUK berjumlah ganjil. Hal yangdapat dijadikan sebagai TUK adalah Kepesertaan, Ruang lingkup kegiatan, dana danwaktu.6.
 
PKK
 
PKK merupakan kepanjangan dari Pengorganisasian Kegiatan dan Kepanitian.Organisasi merupakan susunan/ kesatuan berbagai bagian sehingga merupakankesatuan yang teratur. Mengorganisasikan merupakan mengatur dan menyusun bagian-bagian (orang, dsb) sehingga menjadi kesatuan yang teratur. Pedoman penyusunankepanitiaan adalah Ditetapkannya Tujuan, Rincian aktivitas, Keahlian (melihat skalakegiatan),Periksa aktivitas yang bersamaan, personal maupun intern panitia,Kegiatanyang harus diselesaikan pra kegiatan inti, Waktu minimal seluruh kegiatan danKoordinasi.7.
 
Perencanaan Jadwal KerjaPerencanaan Jadwal Kerja adalah Sesuatu yang dibuat untuk menunjukkan hal-hal yangharus dilakukan sejak awal (pra) hingga pelaksanaan kegiatan (pasca). Manfaat jikadapat melakukan Perencanaan Jadwal Kerja dengan baik maka akan mendapat Pedomanbagi anggota panitia tentang beban tugas dan batas waktu yang ditentukan, Identifikasikegiatan yang dapat dikerjakan bersama-sama dan yang prasyarat, Pelaksanaan tugassecara efektif dan efisien dan dapat membantu dalam evaluasi proses (target-targetyang ingin dicapai.8.
 
Penyusunan Usulan KerjaUsulan kerja ini berupa laporan tertulis, usulan kegiatan, serta rancangan kegiatan.Berikut sistematikanya dari pendahuluan hingga akhir. Sementara itu untuk menyusunnya dibutuhkan logika perencanaan berupa Goal, Best, dan Vision.Disamping itu jika acara sudah selesai maka juga diperlukan LPJ( laporanpertanggungawaban) atas terlaksannanya acara itu. Sistematika penulisannya berupahasil-hasil dari sebuaah realisasi rencana kegiatan ditambah anggaran yang keluar.9.
 
Komunikasi antar Unit KerjaKomunikasi merupakan suatu proses kerjasama yang diimbangi oleh turut serta memberkepada pihak lain/ pertukaran pikiran, opini, keterangan. Elemen komunikasi berupamedia komunikasi, pemberi dan penerima komunikasi. Komunikasi dicapai bilamencakup tiga hal yakni sistematis, Keterangan lengkap serta Ada kepercayaan antardua belah pihak. Kunci komunikasi tertulis (C4) adalah Complete, clear, concese,connect.10.
 
Admistrasi UmumTata usaha : mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak. Sekretariat adalahtempat kerja melakukan aktivitas kesekretariatan. Sementara fungsi dari Administrasiumum adalah pusat aktivitas organisasi,Pusat informasi dan komunikasi organisasi(intern/ ekstern ), Pusat dokumentasi organisasi.11.
 
Team Work BuildingDefinisi : kerja sama satu tim dengan mengesampingkan kepentingan pribadi untuk dapat kinerja lebih tinggi. Dalm suatu eam harus mempunyaitujuan,peran,tanggungjawab yang sama.12.
 
MotivasiMotivasi adalah sesuatu hal yang dapat membangkitkan semangat ketika seseorangmerasa dia telah jatuh. Motivasi ini dilakukan agar dapat menghindari celaka danmengejar kebahagian.
 
13.
 
Manajemen Konflik Konflik merpakan sebuah pertentangan antar individu dimana pertentangn tersebutakan menghasilakan sebuah perpecahan. Oleh sebab itu diperlukan cara untuk megatasikonflik-konflik tersebut serta menghindarkan diri untuk bersentuhan dengan onflik seara langsung.14.
 
Pengambilan KeputusanKeputusan yang akan diambil sebaiknya mencakup analisa mengenai 5W+1H.15.
 
Teknik PersidanganSidang merupakan pertemuan formal suatu organisasi guna membahas permasalahan
→ keputusan → kebijaksanaan/ landasan
.

Tidak ada komentar: